6 Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil Dan cara Mengatasinya

6 Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil Dan cara Mengatasinya-Hallo pecinta otomotif di mana pun anda berada pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang sepeda motor honda injeksi anda.Ketika bakal mengawali berkendara motor, hal yang paling penting agar motor bisa melaju yaitu dengan menarik handle gas. Tetapi bagaimana jadinya jika ketika menarik handle gas berlangsung ketidakstabilan seperti motor bakal mogok. Sungguh begitu tak nyaman sekali alami peristiwa tarikan gas yg tidak stabil ini. Terlebih untuk anda yang telah mempunyai motor berteknologi injeksi yang kurang pengetahuan pada penyebabnya serta langkah melakukan perbaikan rusaknyanya.

Inilah 6 penyebabnya apabila gas motor injeksi anda tak stabil :

1. Saringan Hawa Tak Berperan 

6 Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil Dan cara Mengatasinya



Manfaat saringan atau filter hawa yaitu untuk menyaring supaya hawa yang masuk kedalam ruangan bakar tak bercampur dengan partikel partikel kotoran serta debu supaya kombinasi hawa serta BBM lebih prima. Jika keadaan filter hawa kotor jadi bakal menyebabkan pada tarikan gas motor jadi berat serta tak stabil.

Motor akan mendadak mati atau mogok apabila filter hawa yang kotor cuma didiamkan saja. Filter hawa jadi kotor bisa dikarenakan lingkungan yang berdebu serta umur penggunaan yang telah lama.

Jalan keluar Saringan Hawa Tak Berperan 

Yakinkan anda kerap cek keadaan saringan hawa. Motor Matic Honda saat ini telah memakai filter hawa type basah di mana filter hawa ini tak dapat dibikin bersih serta mesti segera ditukar. Segi positifnya yaitu filter hawa ini lebih tahan di banding filter hawa kering yang perlu dibikin bersih dengan cara berkala.

2. Jarak Renggang Busi Tak Tepat 

6 Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil Dan cara Mengatasinya


Satu mesin memerlukan busi dengan penyusunan kerenggangan yang sesuai sama supaya bisa bekerja dengan baik. Ukuran kerenggangan memengaruhi suhu pengapian busi, yang dengan cara segera bakal punya pengaruh pada pembakaran bahan bakar serta hawa didalam mesin. Jadi besar kerenggangan busi bakal membuahkan percikan api yang semakin besar, yang bisa berguna untuk sebagian mesin yang dimodifikasi manfaat mengoptimalkan efisiensinya.

Pemakaian busi yg tidak asli Honda bisa beresiko 


  • Busi meleleh, 
  • Kemampuan mesin menurun 
  • Pembakaran tak prima serta menyebabkan kerak, 
  • Mengkonsumsi bahan bakar jadi lebih boros 

Pemasangan busi yg tidak pas bisa mengakibatkan insulator retak sedang langkah ingincangan busi yang sangat keras bisa mengakibatkan ulir patah. Perihal ini pula yang mengakibatkan tarikan gas tak stabil pada motor Honda injeksi.

Jalan keluar Jarak Renggang Busi yang Tak Tepat

Tersebut disini jalan keluar jika jarak renggang busi anda tak pas :

  • Kerjakan penelusuran busi tiap-tiap 4. 000km. 
  • Ukur celah busi pada ground serta center elektroda. Apabila celah itu semakin besar dari 1mm, kerjakan pergantian busi. Janganlah lakukan penyesuaian ukuran celah itu, lantaran penyesuaian celah lewat cara dipukul bakal menyebabkan pengapian tak konsentrasi. 
  • Apabila ada endapan kotoran sisa pembakaran, bersihkan/bersihkan dengan bensin. Apabila tak dapat, jadi selekasnya kerjakan pergantian busi. 

3. Setelan Klep Tak Sesuai 

6 Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil Dan cara Mengatasinya

Penyebabnya gas tak stabil bisa pula disebabkan oleh setelan klep yang tidak cocok. Desakan kompresi didalam ruangan bakar begitu di pengaruhi oleh penyetelan klep atau valve. Bila setelan klep sangat rapat tidak cocok standard bermakna klep cepat buka serta lebih lama tutup, pembukaan yang lebih lama bikin gas semakin banyak masuk. Serta jika setelan klep sangat renggang bermakna klep terlambat buka serta cepat tutup. Jika hal semacam ini berlangsung pada klep masuk jadi pemasukan kombinasi bahan bakar hawa berjalan cepat hingga jumlah kombinasi yang masuk sedikit.

Jalan keluar Setelan Klep Tak Sesuai

Sebaiknya kenali terlebih dulu jarak renggang klep motor Honda yang ideal. Ketika lakukan penyetelan klep, posisi piston mesti ada pada top kompresi. “Untuk mencari posisi itu mesti sesuaikan sinyal T yang ada pada magnet dengan sinyal yang ada di blok, serta sinyal yang ada pada timing gear dengan sinyal yang ada pada kepala silinder. Tetapi dianjurkan bawa motor Honda ke AHASS paling dekat agar lebih pas dalam mendiagnosa serta melakukan perbaikan setelan klep ini.

4. Putaran Stasioner Mesin Kurang Dari Standar

Tampak remeh tetapi apabila diabaikan bisa menyebabkan tak baik pada motor terutama pada tarikan gas motor. Jika putaran stasioner yang sangat rendah, bisa mengakibatkan tarikan gas motor tak stabil. Setelan putaran stasioner kurang dari standard jadi penyebabnya paling utama dari tarikan gas tak stabil.

Jalan keluar Putaran Stasioner Mesin Kurang Dari Standar 

Karena pentingnya alat untuk melakukan perbaikan setelan putaran stasioner ini, dianjurkan bawa motor Honda ke AHASS paling dekat untuk diservice sesuai sama standard motor Honda.

5. Berlangsung Rusaknya Sensor Injeksi 

6 Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil Dan cara Mengatasinya

Injektor berperan untuk menyemprotkan bahan bakar dalam ruangan bakar, dengan mengubah partikel-partikel bahan bakar jadi kabut. Injektor pada system PGM FI ini dapat membuat partikel bahan bakar terhalus didunia. Lantaran memiliki lobang berdiameter 0, 152 mm (pada supra x 125). Tetapi apabila injektornya kotor akibat konsumsi bensin yang kurang bagus, bisa memengaruhi kwalitas semprotan bensinnya. Dampaknya, tarikan gas motor jadi tak stabil.

Jalan keluar Jika Berlangsung Rusaknya Sensor Injeksi

  • Bersihkan dengan cairan pembersih injektor. 
  • Memakai bahan bakar dengan oktan tinggi otomatis bisa bersihkan injektor dari kotoran. 
  • Jika lubang injektor tertutup kerak atau kotoran jadi bisa dibikin bersih dengan sikat spesial. 

6. Kurang Desakan Bahan Bakar 

Tiap-tiap motor Honda injeksi diperlengkapi dengan pompa bahan bakar atau fuel pump, di mana desakan pompa bahan bakar bisa diukur dengan memakai alat yang diberi nama fuel pressure gauge. Ukuran desakan bahan bakar ini sesuai dengan type dari semasing sepeda motor Honda tersebut. Jika desakan bahan bakar kurang dari standard bakal mengakibatkan tarikan gas tak stabil. Sebagai contoh desakan bahan bakar motor CB150R yaitu 294 Kpa atau 43 Psi.

Jalan keluar Kurangnya Desakan Bahan Bakar 


  • Dengan kuras tangki bahan bakar, umumnya pengurasan ini berlangsung akibat air atau kotoran. 
  • Ganti fuel pump dengan yang baru jika berlangsung rusaknya pada fuel pump yang lama. 

itulah yang bisa saya sampaikan muudah-mudahan berguuna untuk kalian semua

Baca juga
 Cara Membersihkan Super Kipps Ninja RR Atau Ninja R Dengan Mudah

0 Response to "6 Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil Dan cara Mengatasinya"

Post a Comment